twitter
rss


Gerak / movement (Bertukar Kursi)

KOMPONEN
a.       Mata Layanan             : Layanan Dasar
b.      Bidang Bimbingan      : Sosial-Pribadi
c.       Jenis Bimbingan          : Bimbingan Kelompok
d.      Sasaran                       : Kelas X Sekolah Menengah Atas (Semester 1)
e.       Standar Kompetensi    : Menghargai diri sendiri dan orang lain
f.       Tujuan                         : latihan ini memberi kesempatan pada anggota untuk melakukan peregangan dan gerak tubuh.
g.      Kompetensi Dasar      : untuk peregangan dan menggerak badan serta agar peserta dapat duduk di samping peserta lain dan menghadapi peserta yang berbada dari perubahan lokasi duduk.
h.      Indikator                      : Anggota kelompok dapat saling menyesuaikan diri dengan tujuan kelompok
i.        Materi                          : Mengakrabkan diri dengan kelompok baru
j.        Metode dan Teknik      : game
k.      Alat dan Bahan           : kursi sebanyak jumlah anggota bimbingan kelompok



LANGKAH-LANGKAH
1.      AWAL
a.       Pernyataan Tujuan                 : Diharapkan melalui pembentukan kelompok yang merata ini, siswa dapat beradaptasi dan bekerjasama dengan baik walaupun bukan dengan peergroupnya.
b.      Pembentukan Kelompok         : Kelompok dibentuk oleh konselor dengan cara   mengacak nomor.
c.       Konsolidasi                             : Konselor memberikan waktu lima menit untuk   kelompok merembukkan siapa yang akan menjadi pemimpin kelompok.
2.      TRANSISI
a.       Resolusi konflik ( Storming )   : Konselor memantau tiap kelompok dan menilai tingkat  storming yang terjadi ditiap kelompok.
b.      Pengembangan norma(Norming)       : Konselor membantu kelompok yang mengalami masalah dalam tahap storming dan membantu membuat norming,
3.      KERJA
a.       Eksperientasi   :
Setiap orang duduk di kursinya masing- masing, konselor memberikan instruksi, jika konselor menyebutkan kata “Flip” maka semua siswa berpindah tempat duduk ke sebelah kanan, jika konselor menyebutkan kata “Flop” maka semua siswa berpindah tempat duduk ke sebelah kiri. Dan jika konselor menyebutkan kata “Flip Flop” maka semua siswa mencari tempat duduk yang belum pernah diduduki olehnya.
a.       Identifikasi       :
1)      Apa yang kamu rasakan setelah menyelesaikan game  tadi ?
2)      Apa saja yang kamu kerjakan atau lakukan ketika game tadi ?
3)      Apakan ada masalah ketika game berlangsung ?
b.      Analisis            :          
1)      Menurut kalian tahapan mana yang paling berkesan dalam game tadi ?
2)      Makna apa yang bisa kalian ambil setelah menyelesaikan game tadi ?
c.       Generalisasi    :          
1)      Apa yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah dan kesulitan yang ditemukan dalam game?
2)      Apa yang menyebabkan kalian mengalami kesulitan mengakrabkan diri dengan kelompok baru?
3)      Solusi apa yang telah dipersiapkan dalam meminimalisir segala kekurangan pada diri kalian dalam membentuk sebuah kelompok?
4)      Apa yang dapat kalian lakukan agar sosialisasi kalian berjalan lancar?
4.      TERMINASI
a.       Refleksi Umum            : Konselor mengajak seluruh anggota kelompok untuk   mereview bersama-sama apa yang telah dilakukan
b.      Tindak Lanjut              : Konselor memberikan semangat dan penguatan kepada   konseli untuk melaksanakan teknik-teknik yang telah  didiskusikan.

0 komentar:

Posting Komentar