twitter
rss


INVENTORI MOTIVASI BELAJAR

            Dihadapan Anda disajikan seperangkat pernyataan yang berhubungan dengan pengalaman dan kegiatan belajar. Untuk setiap pernyataan disediakan beberapa alternatif jawaban, yaitu: Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Ragu- Ragu (R), Kurang Sesuai (KR), dan Tidak Sesuai (TS).

            Jawablah setiap pernyataan ini dengan sejujur- jujurnya, karena hasilnya amat bermanfaat bagi perbaikan atau pengembangan cara belajar anda. Jawablah setiap pernyataan itu pada lembar jawaban yang telah disediakan.

 


Pernyataan- pernyataan

1.      Saya dapat bertahan lama dalam belajar
2.      Saya merasa malas atau jenuh untuk membaca buku
3.      Saya terbiasa membaca buku pelajaran pada waktu pagi
4.      Saya terbiasa membaca buku pelajaran pada waktu sore
5.      Saya terbiasa membaca buku pelajaran pada waktu malam
6.      Saya sudah biasa membaca buku pelajaran berulang- ulang
7.      Saya belajar sesuai jadwal yang telah saya susun
8.      Saya lebih meningkatkan kegiatan belajar setiap menjelang ujian (tes)
9.      Saya tidak pernah terlambat masuk kelas
10.  Saya mmengikuti semua kegiatan belajar di sekolah
11.  Saya memperhatikan penjelasan guru dan mencatat yang saya anggap penting
12.  Saya mengisi waktu kosong (jika guru tidak hadir) dengan menbaca buku
13.  Saya merasa tidak putus asa apabila mendapat kegagalan dalam memperoleh prestasi yang tidak sesuai harapan
14.  Saya suka bertanya kepada guru dan teman apabila ada materi pelajaran yang kurang saya pahami
15.  Saya mendiskusikan materi pelajaran y7ang dianggap sulit dengan teman
16.  Saya menyelesaikan pekerjaan rumah meskipun sudah merasa lelah
17.  Saya menggunakn uang jajan untuk membeli buku- buku yang ada hubungannya dengan pelajaran
18.  Saya berusaha menghind dari berbagai kegiatan (seperti bermain) yang mengganggu belajar
19.  Saya aktif belajar untuk meraih cita- cita
20.  Saya berusaha menyelesaikan tugas- tugas tepat pada waktunya
21.  Saya berusaha memperoleh prestasi belajar sesuai dengan yang saya harapkan
22.  Saya berusaha secara sungguh- sungguh untuk memperoleh prestasi yang lebih baik
23.  Saya menyenangi semua mata pelajaran yang diberikan
24.  Saya tidak mencontek pada saat ujian/ tes meskipun ada kesempatan




Lembar Jawaban

INVENTORI MOTIVASI BELAJAR

1.      Nama                    :
2.      Jenis Kelamin      :
3.      Kelas                     :
4.      Alamat                  :
5.      Cita- cita               :
6.      Mata Pelajaran yang paling disenangi :
7.      Mata Pelajaran yang paling tidak disenangi
8.      Nilai tertinggi pada mata pelajaran :

No
SS
S
R
KS
TS
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





21





22





23





24





Jmlh.






0 komentar:

Posting Komentar